Kamis, 27 September 2012

Tanaman Obat Untuk Kaligata

Urtikaria (dikenal juga dengan “hives, gatal-gatal, kaligata, atau biduran”)yaitu kondisi kelainan kulit berupa reaksi vaskular terhadap yang disebabkan oleh beberapa faktor. Pada umumnya disebabkan oleh suatu reaksi alergi dengan gejala berupa kulit kemerahan (eritema) dengan sedikit bentol-bentol (elevasi) kulit yang timbul secara cepat setelah dicetuskan oleh faktor presipitasi dan bentok-bentol ini kadang-kadang hilang dengan sendirinya tetapi kadang-kadang juga lama sembuhnya.
Meskipun pada umumnya penyebab urtikaria diketahui karena rekasi alergi terhadap alergen tertentu, tetapi pada kondisi lain dimana tidak diketahui penyebabnya secara signifikan, maka dikenal istilah urtikaria idiopatik. Urtikaria adalah gangguan dermatologi yang paling sering terlihat di UGD. Eritema berbatas tegas dan edema yang melibatkan dermis dan epidermis yang sangat gatal. Urtikaria dapat bersifat akut (berlangsung kurang dari 6 minggu) atau kronis (lebih dari 6 minggu). Berbagai macam varian urtikaria antara lain imunoglobulin E akut (IgE)-dimediasi urtikaria, kimia-induced urticaria (non-IgE-mediated), vaskulitis urtikaria, urtikaria autoimun, urtikaria kolinergik, urtikaria dingin, mastositosis, Muckle-Wells syndrome, dan banyak lainnya.
Secara fisik urtikaria  mirip dengan berbagai penyakit kulit lain yang serupa dalam penampilan antara lain pruritus termasuk dermatitis atopik (eksim), erupsi obat makulopapular, dermatitis kontak, gigitan serangga, eritema multiforme, pityriasis rosea, dan lainnya. Tetapi tentu saja mudah membedakan urtikaria dengan penyakit kulit lainnya karena bentol-bentolannya khas dan biasanya datang mendadak serta cepat menyebar.


Sejumlah faktor, baik imunologik dan nonimunologik, dapat terlibat dalam patogenesis terjadinya urtikaria. Urtikaria dihasilkan dari pelepasan histamin dari jaringan sel-sel mast dan dari sirkulasi basofil. Faktor-faktor nonimunologik yang dapat melepaskan histamin dari sel-sel tersebut meliputi bahan-bahan kimia, beberapa obat-obatan (termasuk morfin dan kodein), makan makanan laut seperti lobster, kerang, dan makanan-makanan lain, toksin bakteri, serta agen fisik. Mekanisme imunologik kemungkinan terlibat lebih sering pada urtikaria akut daripada urtikaria kronik. Mekanisme yang paling sering adalah reaksi hipersensitivitas tipe I yang distimulasi oleh antigen polivalen yang mempertemukan dua molekul Ig E spesifik yang mengikat sel mast atau permukaan basofil.

Tanaman Obat Untuk Urtikaria atau Kaligata adalah Daun Bangle
Bangle (Zingiber montanum (J.K├Ânig) Link ex A.Dietr. = syn. Zingiber cassumunar, syn. Z. purpureum Roxb.) adalah salah satu tanaman rempah-rempah anggota suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpangnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan. Tumbuhan ini dikenal diberbagai tempat dengan nama yang bervariasi: mungle (Aceh), bungle (Tapanuli), kunik bolai (Rana Minang), banglee'iy (Rejang), panglai (Pasundan/Sunda), pandhiyang (Madura), bale (Makassar), panini (Bugis), unin makei (Ambon).
Bangle ditemukan di kawasan India selatan yang beriklim tropis dan kawasan Asia Tenggara seperti : vietnam, thailand, malaysia, indonesia, myanmar, laos dan kamboja.

2 komentar:

  1. terima kasih info membantu sekali, semoga kaligata saya cepet sembuh.

    BalasHapus
  2. Daun banglenya dibagaimanakan? Di rebus atau ditumbuk?

    BalasHapus