Sabtu, 29 September 2012

CARA MUDAH MEMBUAT VCO KELAPA HIJAU UNTUK PEMULA

Assalamu'alaikum Wr. WB.
Sahabat blogger yang budiman... Blog ini saya buat mengingat banyaknya pertanyaan ke email saya yang menanyakan cara membuat VCO kelapa hijau. Ya... VCO kelapa hijau memang sangat banyak manfaatnya seperti yang sering saya sampaikan baik di komentar Yahoo Answer maupun komentar-komentar saya di blog lain.

Mengingat begitu banyaknya manfaat VCO kelapa hijau ini sehingga banyak sekali email yang menanyakan cara membuat VCO kelapa hijau. Nah... Cara membuat VCO kelapa hijau ini sebenarnya telah dikupas tuntas oleh blog-blog yang lain. Tetapi menurut saya, cara membuat VCO kelapa hijau yang dipaparkan oleh ahlinya (dalam hal ini produsen VCO kelapa hijau) sangat rumit dan butuh waktu yang sangat lama. Hasilnya juga sangat sedikit jika kita kurang pandai memilih dan memilah kelapa hijau yang berkualitas. Mungkin ini karena saya tidak cukup mengerti bagaimana memilih kelapa hijau yang berkualitas.

Sebelum saya membahas cara mudah membuat VCO kelapa hijau, saya akan cerita pengalaman saya sedikit dalam membuat VCO kelapa hijau. Saya telah bereksperimen membuat VCO kelapa hijau sesuai yang saya baca di salah satu blog produsen VCO kelapa hijau. Tapi dari 40 kelapa hijau tua yang diteduhkan, saya hanya mendapatkan 1 liter VCO kelapa hijau. Modal yang saya keluarkan untuk mendapat 1 liter VCO kelapa hijau kira-kira sekitar Rp.90.000. Jumlah yang sangat besar bukan. Sementara menurut blog produsen VCO yang saya baca tersebut, katanya hanya dengan belasan kelapa hijau saja sudah bisa menghasilkan 1 liter.

VCO yang saya buat itu kemudian saya ujikan ke lab... Ternyata kadar asam lauratnya memang tinggi, yaitu 50,22 %. Saya juga ujikan pada beberapa penderita wasir pendarahan, alhamdulillaah dalam 1 hari minum, pendarahannya berhenti. Pada penderita eksim, eksimnya juga sembuh dalam beberapa hari, kemudian pada penderita diabetes, gula darahnya turun dalam 2 hari minum 3x 1 @3sendok makan. Artinya, dari segi kualitas VCO yang saya hasilkan dengan cara tersebut memang bagus. Tapi masalahnya disini adalah biaya produksi yang saya keluarkan untuk 1 liter VCO kelapa hijau ini tidak sesuai dengan yang digambarkan si produsen VCO kelapa hijau. Maka dengan rasa penasaran datanglah saya ke tempat produsen VCO kelapa hijau untuk sekedar berkonsultasi. Alhamdulillaah saya disambut dengan baik oleh seorang wanita muda yang cantik dan ramah yang ternyata adalah pemilik pabrik VCO kelapa hijau tersebut. Saya juga diijinkan untuk melihat-lihat produksinya. Kami berbincang-bincang dan akhirnya saya mendapat kesimpulan. Ternyata masalahnya adalah cara pemilihan kelapa hijau inilah yang rumit dan sulit dilakukan oleh kita yang bukan ahlinya. Cara sentrifugasi yang disampaikan beliau di blognya itu hanya berhasil apabila kelapa hijau yang digunakannya benar-benar berjatuhan sendiri dan sudah sangat tua. Selain itu, kelapa hijaunya juga harus yang ditanam diatas tanah yang bebas dari pencemaran bahan kimia. Disana mereka bisa mendapatkan 1 liter VCO kelapa hijau hanya dengan 10 butir kelapa hijau tua.

Nah... Singkat cerita, akhirnya beliau memberi saya solusi yaitu dengan membuat VCO kelapa hijau dengan cara pancingan tetapi dipancingnya harus dengan VCO kelapa hijau yang menggunakan cara sentrifugasi dan sudah teruji kadar asam lauratnya. Bahan-bahannya pun harus dari kelapa hijau tua. Tetapi tidak harus yang berjatuhan sendiri. Disini yang penting betul-betul tua.
Caranya:
1. Kupas dan parut 10 butir kelapa hijau tua yang ukuran besar seperti halnya hendak membuat santan.
2. Tambahkan air yang sudah dimasak sebanyak 1 gayung. Aduk dengan keras lalu peras hingga mengeluarkan santan..


3. Santan tersebut didiamkan selama lebih kurang 1 jam sehingga krimnya terpisah dengan skim dan air.
4. Kumpulkan krimnya dan buang airnya. Dari 10 butir kelapa biasanya akan diperoleh 3 liter krim. 
5. Krim yang terbentuk dicampur dengan VCO kelapa hijau pancingan berupa VCO kelapa hijau yang sudah jadi yang bisa kita beli di produsen VCO kelapa hijau. Perbandingan minyak pancing dan krimnya adalah 1 : 3. 1 liter VCO kelapa hijau untuk memancing 3 liter krim santan. 
6. Aduk-aduk hingga butiran minyak menjadi kecil-kecil dan merata. Selanjutnya diamkan selama lebih kurang 8 jam hingga terbentuk 3 lapisan, yaitu paling atas VCO kelapa hijau, blondo, dan paling bawah air.
7. Pisahkan VCO kelapa hijau dengan sendok sayur ke wadah lain untuk difilterisasi atau proses penyaringan. Jika setelah disaring aromanya masih tetap berbau kurang sedap, berarti proses penyaringan tersebut belum bersih benar. Saring lagi menggunakan tisu tanpa parfum. Setelah jernih dan baunya segar kemas kedalam botol yang telah disterilkan. Hasilnya adalah 2 liter VCO kelapa hijau.

SELESAI & SELAMAT MENCOBA

BERMINAT VCO LITERAN HUBUNGI 0812 8166 4179
Rp.500.000/5liter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar